MAKANAN BAIK DAN BURUK UNTUK STRES

courtesy-of-greenroadshealth

courtesy of greenroadshealth

Tingkat stres pada kehidupan manusia dikota besar cenderung tinggi, seperti halnya penduduk jakarta dan penghuni kota besar lainnya. Pemicunya pun beragam, mulai dari masalah pekerjaan hingga masalah pribadi. Kuncinya? Sebagian besar orang memilih untuk makan saat merasa sedih, tertekan, lelah, hingga stres. Memakan sesuatu sebagai bentuk pelampiasan dari perasaan kurang nyaman yang ditimbulkan oleh stres dan tertekan tidak selamanya salah, selama makanan yang Anda konsumsi sehat. Untuk memudahkan semuanya, saya membuat daftar yang harus Anda makan dan yang harus Anda hindari sesuai dengan perasaan Anda.

  • STRES

Kuncinya tentu saja bersantai.lupakan kebiasaan meminum minuman bersoda saat stres melanda. Rasanya tentu saja menyegarkan, tapi kandungan gula yang ada dalam minuman bersoda akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaiknya konsumsi kacang-kacangan ketika Anda stres. Lengkapi juga dengan konsumsi yogurt rendah lemak. Kandungan lisin, asam amino, dan arginin dalam yogurt bisa mengurangi rasa cemas dan menghilangkan stres.

  • DEPRESI

Perasaan sedih dan depresi memang menyiksa. Berhentilah mengalihkan depresi dengan mengudap cemilan manis atau tinggi lemak yang akan membuat Anda obesitas. Solusinya dengan mengkonsumsi dark chocolate (dengan kandungan coklat minimal 70% atau lebih) . kakao  dalam coklat memiliki senyawa kimia yang bisa menginduksi euforia atau perasaan senang. Coklat putih??? Lupakan!!

  • MERASA GEMUK

Sup sering dijadikan makanan diet sebagai ganti makanan berat. Selama sup yang Anda konsumis bukan sup kalengan, itu akan baik bagi tubuh. Pilihan lainnya adalah dada ayam tanpa lemak yang dipanggang. Makanan ini tidak akan membuat anda merasa bersalah saat menghabiskannya. Kandungan protein yang tinggi  bisa membantu  menghasilkan energi dari pembakaran lemak dalam jangka waktu yang lama. Hasilnya?? Anda rasakan sendiri!

  • LELAH

Saat tubuh dilanda lelah dan kekurangan energi, kita akan cenderung mengkonsumsi kopi dengan ukuran gelas besar. Pernahkah memikirkan dampak dari gula yang terkandung didalamnya?? Tinggalkan minuman kopi dengan kandungan gula tinggi.  Cobalah mengkonsumsi trail mix yang bisa menghasilkan energi lebih cepat. (trail mix merupakan makanan yang biasa dikonsumsi pendaki. Biasanya merupakan  campuran dari granola, buah kering, dan kacang-kacangan)

  • SULIT TIDUR

Selama ini orang akan meminum susu hangat supaya bisa cepat tidur. Rasanya cara itu sangat populer, padahal protein yang terkadnung dalam susu justru akan membuat Anda selalu terjaga, terlebih dengan kandungan lemak pada susu yang akan memperlambat metabolisme tubuh. Idealnya, Anda bisa mengkonsumsi popcorn rasa plain saat sulit tidur. Karbohidrat yang terkandung dalam popcorn bisa mendorong otak untuk menghasilkan serotonin yang bisa membuat tubuh lebih relaks. Popcorn dengan mentega dan caramel?? Jangan coba-coba.

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s