SEJARAH POCKET SQUARE

courtesy-of-google

picture : courtesy of google

Mungkin sebagian dari kita masih ada yang asing dengan kata Pocket Square. Aksesoris yang biasa diletakan dikantong jas pria ini memang lebih dikenal dengan sebutan saputangan. Jika saputangan berfungsi untuk menyeka wajah atau keringat, beberapa dekade terakhir, pocket square lebih digunakan sebagai aksesoris yang memperindah tampilan pria saat menggunakan setelan atau jas. Saya jadi penasaran menegenai sejarah penggunaan pocket square, berikut penelusuran saya.

Pocket square sangat lumrah digunakan oleh orang romawi kuno dan yunani sebagai penyeka keringat diwajah. Populer dengan nama “kerchiefs” pada abad pertengahan, benda ini juga berfungsi untuk menutupi kepala. Pada abad ke 16, nama “kerchiefs” berubah menjadi “handkerchiefs” dan berubah fungsi sebagai  aksesoris pada jas seperti di era sekarang.

Tren menggunakan pocket square ini pun terus bergulir hingga masa keemasan Hollywood. Pada tahun 30-an sampai 40-an penggunaan kain kotak ini populer dikalangan selebritis pria di hollywood kala itu. Sempat redup dan tidak digunakan pada tahun 60-an hingga 70-an , popularitas kain ini pun menanjak kembali ditahun 80 hingga kini. Para desainerpun menciptakan ragam pocket square disetiap musimnya.

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s