7 PENYEBAB KULIT RUSAK

Kulit yang bagus tentu saja menjadi idaman semua orang, termasuk juga saya. Banyak yang melakukan perawatan untuk tetap mempertahankan “pesona muda” yang dimiliki. Mulai dari suntik vitamin C, mengkonsumsi vitamin E, hingga melakukan prosedur bedah plastik supaya terlihat tetap muda. Rasanya kita belum harus sejauh itu untuk mendapatkan tampilan kulit yang baik, cukup mengubah beberpa kebiasaan buruk dalam gaya hiup kita. Berikut alasan atau penyebab kenapa kulit kita rusak.

  1. PERUBAHAN IKLIM ALAM

Tidak perlu terkejut jika perubahan iklim bisa berpengaruh pada kondisi kulit kita. Cuaca panas akan membuat kulit kita penuh noda akibat paparan sinar matahari yang berlebih, pun dengan cuaca dingin yang membuat produksi sebum akan berlebih sehingga kulit kita akan berminyak. Minyak dan sel kulit mati yang menempel dibadan tentu saja bukan kombinasi yang baik. Gunakan sabun atau pencuci wajah yang sesuai denga jenis kulit, sehingga kelembaban kulit tetap tejaga.

  1. TERLALU BANYAK MENGKONSUMSI PRODUK SUSU DAN OLAHANNYA.

You are what you eat  merupakan pepatah lama yang sepenuhnya benar. Jika saat ini Anda melihat wajah Anda berjerawat atau kusam, itu pasti dipicu dari makanan yang Anda konsumsi. Menyalahkan makanan manis yang Anda konsumsi tidak selamanya benar, karena makanan dari produk susu ternyata bisa jadi penyebabnya. Kandungan hormon berlebih dalam susu bisa menjadi pemicu buruknya tampilan kulit. Jadi konsumisilah susu dan olahannya dengan secukupnya saja.

 

  1. SMARTPHONE DENGAN JUTAAN KUMAN

Saat ini rasanya hampir semua orang tidak bisa lepas dari smartphone. Penggunaannya tentu saja dari bangun tidur dipagi hari, hingga malam. Bisa dibayangkan betapa banyak kuman yang ada pada smartphone kita. Sesekali kita mungkin mencuci tangan, tapi kadang kita tidak sadar sudah menyentuh pegangan tangan pada saat naik transjakarta, menyentuh gagang pintu pada saat dari kamar mandi, hingga sudut-sudut di tempat kerja yang sering kita sentuh dengan tangan dan menyebarkannya melalui sentuhan saat mengetik pada layar smartpone. Imbasnya tentu saja pada kulit wajah yang terkena paparan kuman. Hindari juga kebiasaan membersihkan layar smartphone dengan menggosoknya pada pakaian yang Anda gunakan. Gunakan tissue pembersih khusus, atau gunakan alkohol pada kain lembut untuk membersihkannya.

  1. STRESS

Orang dengan tekanan kerja tinggi biasanya cenderung stress, inilah yang memicu jerawat muncul. Masalah lain pada kulit juga bisa muncul saat suasana hati dan pikirin kacau. Kuncinya tentu saja relax. Hadiahi diri Anda dengan kegiatan yang bisa menghilangkan stress.  Misalnya berlibur atau melakukan olahraga ringan. Bermain dengan binatang peliharaan juga bisa menjadi pilihan, dan tentu saja imbangi dengan gaya hidup sehat.

  1. DETERJEN

Kandungan bahan kimia yang keras pada deterjen yang Anda gunakan bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Imbasnya tentu saja jerawat di punggung, dada, dan di area pribadi lainnya. Kuncinya tentu saja perhatikan kandungan bahan kimia dalam deterjen saat Anda membelinya. Saya sarankan untuk memilih merek deterjen dengan label “dye-free” atau “gentle”.

  1. MEROKOK

Buang jauh-jauh impian  memiliki kulit indah, jika Anda masih merokok. Selain berperan besar dalam menyumbang penyakit berat bagi tubuh, paparan asap rokok juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit. Selain mengurangi pasokan oksigen pada kulit, asap rokok juga menghambat produksi kolagen, mengurangi elistisitas kulit, membuat pori-pori membesar, dan bonus kerutan. Dampaknya tentu saja kulit jadi kering dan kusam. Saat kondisi kulit kering, secara alami kulit wajah akan memproduksi minyak berlebih. Dampaknya?? Jerawat!.

  1. MAKANAN PEDAS

Memakan makanan pedas dengan berlebihan sangat tidak dainjurkan. Saat tubuh merasakan panas dari makanan pedas yang Anda makan, keringat berlebih akan diproduksi. Dampaknya?? Tentu saja akan memperburuk jerawat yang Anda miliki.

 

 

 

Cosmetic skin care for Men – Enhance your looks

picture : courtesy of Baroness

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s